Desain Penilaian Berpikir Kreatif Matematika
Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif
Indikator Penilaian Kemampuan Berpikir
Kreatif
Indikator
|
Problem
Sensitivity
|
Fluency
|
Flexibility
|
Originality
|
Elaborasi
|
Kemampuan mendeteksi, mengenali, dan memahami serta menanggapi suatu
pernyataan, situasi, atau masalah
|
Kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan
|
Kemampuan untuk mengemuka-kan
bermacam-macam pemecahan atau pendekatan terhadap masalah
|
Kemampuan untuk mencetuskan gagasan dengan
cara-cara yang asli, tidak klise, dan jarang diberikan kebanyakan orang
|
Kemampuan menambah suatu situasi atau
masalah sehingga menjadi lengkap, dan merincinya secara detail, yang
didalamnya terdapat berupa tabel, grafik, gambar, model dan kata-kata.
|
Contoh
soal :
Salah satu kebiasaan baik yang dilakukan siswa adalah menyisihkan
uan jajannya untuk dikumpulkan dan digunakan untuk membeli barang
kebuutuhannya. Citra dan syifa menabung agar dalam waktu bersamaan dapat
membeli sepatu baru. Harga sepatu Citra dua kali harga sepatu Syifa. Pada saat
ini Citra mempunyai uang simpanan Rp40.000,00 dan akan menabung setiap hari
Rp3.500,00, sedangkan Syifa saat ini mempunyai simpanan Rp10.000,00 dan akan
menabung setiap hari Rp2.000,00. Harga sepatu yang akan dibeli Syifa adalah ….
a. Apa saja yang bisa anda identifikasi dari
permalahan tersebut ?
b. Bagaimana anda melakukan perhitungan pada
masalah tersebut ?
c. Langkah-langkah seperti apa yang anda
lakukan dalam menyelesaikan permasalah
tersebut ?
d. Apa yang anda lakukan dalam menghitung
harga dari sepatu tersebut ?
e. Ide kreatif apa yang anda lakukan untuk
mempermudah seseorang dalam menyelesaikan permasalahan barisan aritmatika?
Indikator
Berpikir Kreatif
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
|
||
0
|
10
|
20
|
|
|||
Problem Sensitivity
|
Berdasarkan soal tersebut : (a) Apa
saja yang bisa anda identifikasi dari permalahan tersebut ?
|
Terlebih dahulu
membuat apa yang diketahui pada soal.
Citra
mempunyai a = 40.000 dan b = 3.500
Syifa
mempunyai a = 10.000 dan b = 2.000
Harga
sepatu Citra(C) = 2 x harga sepatu Syifa (S)
|
Tidak
menjawab
|
Terdapat
kekeliruan dalam menafsirkan soal tersebut.
|
Dapat
menafsirkan soal tersebut dengan tepat.
|
|
Fluency
|
(b) Bagaimana anda melakukan
perhitungan pada masalah tersebut ?
|
Dengan
menggunakan rumus barisan aritmatika
Uang yang ditabung
Citra
Un = a + (n – 1)b = 40.000 + (n – 1)3.500
= 40.000
+ 3.500n – 3.500 = 36.500 + 3.500n
Uang
yang ditabung Syifa
Un = a + (n – 1)b = 10.000 + (n – 1)2.000
= 10.000
+ 2.000n – 2.000 = 8.000 + 2.000n
|
Tidak
Menjawab
|
Un = a + (n – 1)b = 40.000 + (n – 1)3.500
Un = a + (n – 1)b = 10.000 + (n – 1)2.000
|
Un = a + (n – 1)b = 40.000 + (n – 1)3.500
= 40.000
+ 3.500n – 3.500 = 36.500 + 3.500n
Uang
yang ditabung Syifa
Un = a + (n – 1)b = 10.000 + (n – 1)2.000
= 10.000
+ 2.000n – 2.000 = 8.000 + 2.000n
|
|
Flexibility
|
(c)
Langkah-langkah seperti apa yang anda lakukan
dalam menyelesaikan permasalah tersebut ?
|
Dari
model yang kita dapatkan, kita subtitusikan ke dalam persamaan C=2S
Untuk
mendapatkan n hari
36.500 + 3.500n = 2(8.000 + 2000n)
36.500 + 3.500n = 16.000 + 4000n
36.500 – 16.000 = 4.000n – 3.500n
20.500 = 500n
n = 41
|
Tidak
Menjawab
|
Siswa
mampu mencari nilai n akan tetapi tidak bisa menjelaskan alasannya
|
subtitusikan
ke dalam persamaan C=2S
36.500 + 3.500n = 2(8.000 + 2000n)
36.500 + 3.500n = 16.000 + 4000n
36.500 – 16.000 = 4.000n – 3.500n
20.500 = 500n
n = 41
|
|
Originality
|
(d) Apa yang anda lakukan dalam
menghitung harga dari sepatu tersebut ?
|
Dengan
mensubtitusikan n = 41 ke dalam persamaan harga sepatu Syifa
![]()
= 10.000 + 80.000
= 90.000
|
Tidak
Menjawab
|
Terdapat
kekeliruan pada saat melakukan pengoperasian
|
Siswa dapat menjawab dengan tepat
![]()
= 10.000 + 80.000
= 90.000
|
|
Elaborasi
|
(e) Ide kreatif apa yang anda lakukan
untuk mempermudah seseorang dalam menyelesaikan permasalahan dari soal
tersebut?
|
Penyelesaian
soal tersebut dapat diselesaikan dengan PLDV(Persamaan Linear Satu variable)
Harga sepatu Citra = 2 (Harga sepatu Syifa)
40.000 + n (3.500) = 2 (10.000 + n (2.000)) 40.000 + 3.500n = 20.000 + 4.000n 40.000 - 20.000 = 4.000n - 3.500n 20.000 = 500n n = 20.000 : 500 n = 40
Subtitusikan
n=40
Harga sepatu Syifa
= 10.000 + (2.000 x 40) = 10.000 + 80.000 = 90.000 |
Tidak
Menjawab
|
Siswa
bisa menggunakan cara lain dalam menyelesaikan soal tersebut namun kurang
tepat
|
Siswa
mampu dengan tepat menjawab permasalahan tersebut dengan menggunakan cara
lain.
|
|
Kategori kemampuan berpikir
kreatif
Sangat Kreatif
: >80
Kreatif.
: 70-80
Cukup Kreatif
: 40-60
Kurang Kreatif
: 20-30
Sangat Kurang Kreatif
: < 20
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda