Evaluasi dan Hasil pembelajaran Matematika
Perkembangan teknologi yang berkembang pesat perlu disikapi dengan
bijaksana dan dewasa. Salah satunya adalah dengan mengenali karakter dan pola
pikir generasi-generasi yang ada pada saat ini. Ada 5 generasi pada saat ini :
1. Baby Boomers (1946-1960)
Generasi Baby
boomers lahir pada masa-masa kemerdekaan. Oleh karena itu, generasi ini
cenderung lebih mandiri. Mereka memegang teguh adat istiadat, namun matang
dalam mengambil keputusan karena pengalaman hidup yang mereka lalui.
2. Generasi X (1961-1980)
Generasi ini
merupakan awal perkembangan teknologi, dimana generasi ini mulai menciptakan
perangkat computer atau disebut digital revolution .
3. Generasi Y (1981-1995)
Generasi ini
juga sering disebut dengan generasi Millenial, dimana generasi yang lahir saat
teknologi berkembang pesat. Kehadiran computer, video games, gadget dan
smartphone yang tersambung dengan kecanggihan internet membuat genersi ini mudah
dalam memperoleh informasi.
4. Generasi Z (1995-2010)
Generasi yang
telah mengenal teknologi dari kecil. Generasi Z suka mencari popularitas di social
media , dan generasi ini gemar transaksi secara online. Kemajuan teknologi dan
keterbukaan informasi membuat generasi ini mudah untuk mendapatkan uang. Dengan
cara berselancar di internet dengan social media dan kreativitas mereka.
5. Generasi Alpha (2011- sekarang)
Generasi yang
lahir dengan teknologi yang semakin berkembang pesat. Dimana teknologi sudah
menjadi bagian dari kehidupan dari generasi ini.
Definisi Penilaian proses
Penilaian proses
merupak umpan balik bagi mahasiswa dan dosen
untuk meningkatkan hasil belajar dari pembelajaran yang dilaksanakan
untuk menjamin akuntabilitas proses pembelajaran , mendiagnosis kekuatan dan
kekurangan mahasiswa.
Revolusi Industri
Revolusi 1.0 revolusi
pada abad 18 yang ditandai dengan penemuan mesian uap yang digunkan untuk produksi
barang. Pekerjaan yang awalnya bergantung pada tenaga manusia dan hewan kemudian
digantikan dengan mesin uap tersebut
Revolusi 2.0 revolusi
pada abad 20 yang ditandai dengan penemuan tenaga listrik. Tenaga otot yang saat
itu telah diganti dengan mesin uap, perlahan tergantikan lagi oleh tenaga listrik.
Revolusi 3.0 jika
revolusi pertama dipicu dengan mesin uap ddan revolusi kedua dengan tenaga
listrik, pada revolusi ketiga ini dipicu oleh mesin yang dapat begerak dan berpikir
yaitu computer dan robot.
Revolusi 4.0 revolusi
ini sedang menjadi perbincangan. Revolusi 4.0 adalah tren di dunia industry dengan
menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber. Dalam dunia Pendidikan
skill sets yang dibutuhkan pada revolusi ini yakni : virtual collaboration,
Cognitive load management, Computational thinking, Design thinking, Social
intelligent, Adaptive thinking). Banyak hal yang tak terpikirkan sebelumnya,
tiba-tiba muncul dan menjadi inavasi baru, serta membuka lahan bisnis besar. Salah
satu ontohnya, munculnya transportasi dengan ride-sharing yaitu Grab dan
Go-jek.
Revolusi 5.0 menawarkan masyarakat yang berpusat pada
manusia yang membuat seimbang antara kemajuan ekonomi dengan penyelesaian
masalah sosial melalui sistem yang sangat menghubungkan melalui dunia maya dan
dunia nyata.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda