Senin, 16 Maret 2020

Evaluasi dan Hasil pembelajaran Matematika


Perkembangan teknologi yang berkembang pesat perlu disikapi dengan bijaksana dan dewasa. Salah satunya adalah dengan mengenali karakter dan pola pikir generasi-generasi yang ada pada saat ini. Ada 5 generasi pada saat ini :
1.      Baby Boomers (1946-1960)
Generasi Baby boomers lahir pada masa-masa kemerdekaan. Oleh karena itu, generasi ini cenderung lebih mandiri. Mereka memegang teguh adat istiadat, namun matang dalam mengambil keputusan karena pengalaman hidup yang mereka lalui.
2.      Generasi X (1961-1980)
Generasi ini merupakan awal perkembangan teknologi, dimana generasi ini mulai menciptakan perangkat computer atau disebut digital revolution .
3.      Generasi Y (1981-1995)
Generasi ini juga sering disebut dengan generasi Millenial, dimana generasi yang lahir saat teknologi berkembang pesat. Kehadiran computer, video games, gadget dan smartphone yang tersambung dengan kecanggihan internet membuat genersi ini mudah dalam memperoleh informasi.
4.      Generasi Z (1995-2010)
Generasi yang telah mengenal teknologi dari kecil. Generasi Z suka mencari popularitas di social media , dan generasi ini gemar transaksi secara online. Kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi membuat generasi ini mudah untuk mendapatkan uang. Dengan cara berselancar di internet dengan social media dan kreativitas mereka.
5.      Generasi Alpha (2011- sekarang)
Generasi yang lahir dengan teknologi yang semakin berkembang pesat. Dimana teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan dari generasi ini.

Definisi Penilaian proses
Penilaian proses merupak umpan balik bagi mahasiswa dan dosen  untuk meningkatkan hasil belajar dari pembelajaran yang dilaksanakan untuk menjamin akuntabilitas proses pembelajaran , mendiagnosis kekuatan dan kekurangan mahasiswa.

Revolusi Industri
Revolusi 1.0 revolusi pada abad 18 yang ditandai dengan penemuan mesian uap yang digunkan untuk produksi barang. Pekerjaan yang awalnya bergantung pada tenaga manusia dan hewan kemudian digantikan dengan mesin uap tersebut
Revolusi 2.0 revolusi pada abad 20 yang ditandai dengan penemuan tenaga listrik. Tenaga otot yang saat itu telah diganti dengan mesin uap, perlahan tergantikan lagi oleh tenaga listrik.
Revolusi 3.0 jika revolusi pertama dipicu dengan mesin uap ddan revolusi kedua dengan tenaga listrik, pada revolusi ketiga ini dipicu oleh mesin yang dapat begerak dan berpikir yaitu computer dan robot.
Revolusi 4.0 revolusi ini sedang menjadi perbincangan. Revolusi 4.0 adalah tren di dunia industry dengan menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber. Dalam dunia Pendidikan skill sets yang dibutuhkan pada revolusi ini yakni : virtual collaboration, Cognitive load management, Computational thinking, Design thinking, Social intelligent, Adaptive thinking). Banyak hal yang tak terpikirkan sebelumnya, tiba-tiba muncul dan menjadi inavasi baru, serta membuka lahan bisnis besar. Salah satu ontohnya, munculnya transportasi dengan ride-sharing yaitu Grab dan Go-jek.
Revolusi 5.0 menawarkan masyarakat yang berpusat pada manusia yang membuat seimbang antara kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat menghubungkan melalui dunia maya dan dunia nyata.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda